Iklan
Iklan
BerandaINTERNASIONALBerita: China Terima Undangan Resmi Dari Menlu AS

Berita: China Terima Undangan Resmi Dari Menlu AS

AS secara resmi mengundang Menteri Luar Negeri China yang baru diangkat kembali, Wang Yi, ke Washington, (2/8/2023)

China terima Undangan dari Departemen Luar Negeri AS pada tanggal (2/8/23), setelah pendahulu Wang tiba-tiba dicopot dari jabatannya oleh Beijing .

China mengangkat kembali diplomat veteran Wang Yi pekan lalu, menggantikan mantan bintang yang sedang naik daun Qin Gang.

Qin Gang tidak nampak, selama lebih dari sebulan, ketidakhadiran nya timbul tanda tanya. Setelah hanya tujuh bulan dia bekerja, yang menimbulkan pertanyaan tentang transparansi.

Undangan untuk Wang Yi, diperpanjang pada hari Senin, selama pertemuan di Departemen Luar Negeri, antara Asisten Menteri Luar Negeri AS.

Dalam undangan itu di sertai, Urusan Asia Timur dan Pasifik Daniel Kritenbrink dan Yang Tao, Direktur Jenderal Urusan Amerika Utara dan Oseania di Kementerian Luar Negeri China. Kata juru bicara Departemen Luar Negeri Matthew Miller dalam jumpa pers nya.

“Dalam pertemuan kemarin, kami menyampaikan undangan yang, sebelumnya telah disampaikan kepada Menteri Luar Negeri Qin Gang dan memperjelas bahwa undangan telah dialihkan,” kata Miller.

Miller tidak mengatakan apakah pihak China telah menerima undangan tersebut tetapi menambahkan bahwa ini adalah harapan Washington.

“Kami tentu berharap itu adalah sesuatu yang akan mereka terima dan merupakan perjalanan yang kami harapkan terjadi, tetapi kami belum menjadwalkan tanggalnya,” tutup Miller.

Dikutip CNA

Trending

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.