Beranda KESEHATAN Benarkah Bawang Putih Bisa Mengatasi Jerawat?

Benarkah Bawang Putih Bisa Mengatasi Jerawat?

Bawang Putih
Selain digunakan sebagai bumbu masakan, ternyata bawang putih juga dipercaya bermanfaat untuk mengatasi jerawat, lho. Katanya, dengan mengoleskan bawang putih yang sudah dihaluskan ke area kulit yang berjerawat dapat mengatasi jerawat dalam waktu cepat. Benarkah begitu?

Jerawat bisa muncul karena adanya peningkataan produksi minyak (sebum), penumpukan sel-sel kulit mati, atau infeksi bakteri di folikel kulit. Selain itu, faktor-faktor tertentu, seperti perubahan hormon, stres, pola hidup yang tidak sehat, dan efek samping obat-obatan, juga bisa meningkatkan risiko munculnya jerawat.

Munculnya jerawat bisa menimbulkan rasa nyeri dan mengganggu penampilan. Maka tak heran, banyak orang mencoba beragam upaya, termasuk cara-cara alternatif, untuk mengatasi kondisi ini. Salah satunya adalah dengan mengoleskan bawang putih yang sudah dihaluskan ke jerawat.

Keamanan Penggunaan Bawang Putih untuk Jerawat

Bawang putih mengandung allicin. Senyawa ini diketahui memiliki sifat antibakteri, antijamur, antivirus, antiinflamasi, dan antiseptik. Penelitian menyebutkan bahwa allicin dapat membunuh banyak bakteri, salah satunya adalah bakteri penyebab jerawat.

Selain itu, di dalam bawang putih juga terkandung sejumlah vitamin dan mineral, seperti vitamin C, vitamin B6, selenium, tembaga, dan seng. Beragam kandungan yang terdapat di dalam bawang putih ini diketahui baik untuk kesehatan, termasuk kesehatan kulit.

Meski begitu, bukan berarti bawang putih pasti efektif dan aman digunakan untuk mengobati jerawat, ya. Faktanya, hingga saat ini, belum ada penelitian yang benar-benar membuktikan keamanan dan efektivitas penggunaan bawang putih untuk mengatasi jerawat.

Bawang putih yang dipakai secara asal-asalan justru bisa memperburuk kondisi kulit, lho. Terlebih, bila kamu memiliki kulit yang sensitif. Penggunaan bawang ini secara langsung ke kulit dapat membuat kulit menjadi melepuh, iritasi, bahkan memicu munculnya dermatitis kontak.

BACA JUGA  Kapolri dan Menkes Tinjau PLBN Entikong dan PLBN Aruk

Cara yang Aman dan Tepat untuk Mengatasi Jerawat

Daripada menggunakan bawang putih yang belum terbukti keamanan dan efektivitasnya, lebih baik ikuti beberapa tips berikut ini untuk membasmi jerawat dan mendapatkan kulit wajah yang sehat:

  • Lakukan double cleansing.
  • Cuci wajah 2 kali sehari dengan produk yang sesuai dengan jenis kulitmu.
  • Gunakan pelembap dan tabir surya secara rutin.
  • Gunakan gel atau krim yang mengandung benzoil peroksida, asam salisilat, asam glikolat, atau asam laktat, yang diketahui mampu membunuh bakteri penyebab jerawat dan mengurangi pembengkakan.
  • Terapkan pola makan yang sehat.
  • Rutin olahraga.
  • Kelola stres dengan baik.
  • Jangan menyentuh atau memencet jerawat.

Pada dasarnya, bawang memang makanan yang sehat. Rutin mengonsumsi bawah putih akan memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatanmu, seperti menjaga kesehatan jantung, mencegah kanker, dan melancarkan saluran pencernaan.

Namun, ingat, meski memiliki banyak manfaat bagi tubuh, bukan berarti bawang ini aman digunakan pada kulit, apalagi untuk mengobati jerawat. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, keamanan dan efektivitas penggunaan bawang putih untuk mengobati jerawat belum memiliki bukti ilmiah yang kuat.

Jadi, jika kamu ingin memiliki kulit wajah yang sehat dan bebas dari jerawat, cobalah terapkan cara-cara yang memang sudah terbukti aman, seperti yang dijelaskan di atas.

Namun, bila cara-cara di atas tidak juga mempan mengatasi jerawatmu atau bahkan jerawatmu justru bertambah banyak, sebaiknya konsultasikan ke dokter kulit, ya, agar dokter bisa segera memberikan penanganan yang tepat dan sesuai dengan jenis kulitmu.

Artikel sebelumyaPengentalan Darah Bisa Terjadi Akibat Virus COVID-19
Artikel berikutnyaLiga 3, LFC Jajal PS Hamzanwadi dalam Laga Persahabatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.