Beranda Uncategorized WargaTonang Udang Sinuruik Usulkan Perbaikan Irigasi Yang Rusak

WargaTonang Udang Sinuruik Usulkan Perbaikan Irigasi Yang Rusak

Tonang Udang
Pasaman Barat | Redaksi Satu – Warga Tonang Udang Sinuruik usulkan perbaikan Irigasi, pasalnya petani Tonang Udang Nagari Sinuruik Kecamatan Talamau Kabupaten Pasaman Barat tersebut menyampaikan pada media ini Senin (10/01/2022), saat ini bukan saja perbaikan irigasi yang mereka butuhkan tetapi berharap adanya penambahan irigasi, sebab di sebahagian lokasi Hulu Banda belum ada irigasi.

Warga tonang udang setempat mengatakan, selama ini di lokasi persawahan mereka memang sebahagian sudah ada irigasinya, namun kebanyakan sudah rusak dan jebol dan tidak layak lagi disebut sebagai irigasi, hingga mengakibatkan debit air yang mengalir jauh menyusut dan tidak cukup untuk mengairi sawah petani.

Warga tonang udang mengeluhkan, sebab adanya bandar sejauh lebih kurang 400 M selama ini belum ada dibuat irigasi, sementara hulu bandar yang sudah ada irigasinya saja, terlihat di sana sini rusak dan jebol, sehingga pada musim menanam padi tiba, air tidak mencukupi untuk mengaliri sawah mereka.

Menurut salah seorang warga petani, Uda Siham, sebelumnya petani setempat sudah pernah melakukan gotong royong dengan menambah irigasi secara swadaya, namun karena panjangnya banda yang mau dikerjakan, hingga pekerjaaan tersebut tak terselesaikan, belum lagi waktu yang tersita untuk memperbaiki irigasi yang rusak akibat reruntuhan tanah dan reruntuhan pepohonan yang tumbang.

Tonang Udang

“Namanya kami petani, tentu memiliki keterbatasan waktu dalam membuat dan memperbaiki irigasi, sebab kemampuan warga tentu ada batasnya, baik materi maupun keahlian,” terangnya.

Sementara itu Safrudin, Ketua Kelompok Tani Warga Tonang Udang Saiyo, pada media ini Senin siang itu mengatakan, Saluran irigasi hulu Banda sudah lama banyak yang rusak, hingga debit air yang mengalir dari irigasi ke sawah warga tidak bisa diharapkan, untuk itu warganya meminta agar pemerintah melakukan perbaikan segera.

BACA JUGA  Bamus Nagari Koto Baru Lakukan Kunjungan dan Silaturahmi Ke Bamus Nagari Ujung Gading

Safrudin berharap, bagaimana agar hidup petani sejahtera, tentu hal ini tidak terlepas dari adanya perhatian pemerintah untuk serius melakukan perbaikan irigasi dan pembangunan irigasi baru bagi kelompok yang belum terjangkau oleh air.

“Bila adanya perhatian dan kemauan dari pemerintah dalam memperbaiki dan membangun irigasi di daerah kami, maka harapan debit air akan mengalir ke sawah kelompok akan merata dan memadai hingga peningkatan panen hasil padi bukan lagi mimpi,” Harapnya mengakhiri.

(Zoelnasti)

Artikel sebelumyaSeorang Dukun di Kalimantan Barat Setubuhi 3 Anak Dibawa Umur
Artikel berikutnyaPolsek Penengahan Meringkus 2 orang Pelaku Kejahatan Dalam 3 Jam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.