Iklan
Iklan
BerandaNASIONALSiaga Karhutla, Pemprov Kalbar Apel Gelar Pasukan

Siaga Karhutla, Pemprov Kalbar Apel Gelar Pasukan

REDAKSISATU.ID – Siaga Karhutla (Kebakaran Hutan dan Lahan), Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat Apel Gelar Pasukan di Lapangan Tidayu Makodam XII/TPR Kabupaten Kubu Raya, Rabu 2 Agustus 2023.

Apel siaga penanggulangan Karhutla tersebut dipimpin langsung oleh Gubenur Kalimantan Barat H. Sutarmidji, S.H., M.Hum, Kapolda Kalimantan Barat Irjen Pol Pipit Rismanto, SI.K., M.H dan Pangdam XII/Tanjungpura Mayor Jenderal TNI H. Iwan Setiawan, S.E., M.M, yang dihadiri Peserta apel terdiri dari pleton TNI-Polri beserta unsur terkait lainnya.

Pada kesempatan ini, Gubenur Kalbar mengingatkan agar seluruh pemangku kepentingan meningkatkan koordinasi antar instansi dan lembaga termasuk TNI-Polri, sangat diperlukan agar penanganan bencana asap dapat di tangani dengan cepat.

BACA JUGA  DPR RI Diduga Mulai Intervensi Pengungkapan Rp349 Triliun

Karhutla
Karhutla area Perkebunan Sawit di Desa Sungai Bulan, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat, Sabtu 29 Juli 2023.

Dimana Karhutla yang terjadi di Kalimantan Barat sampai pada tanggal 30 Juni 2023 seluas 5.768 Hektar, oleh karena itu Gubernur Sutarmidji menekankan agar persoalan tersebut dapat diantisipasi dan ditangani segera mungkin agar tidak semakin meluas dan mempengaruhi aktivitas.

“Untuk mengantisipasi dan mencegah serta menanggulangi hal ini, setelah apel siaga seluruh pemangku kepentingan di Kalimantan Barat kami instruksikan agar meningkatkan koordinasi dan komunikasi antar instansi baik pemerintah maupun swasta,” tegas Sutarmidji.

Selain itu, Pangdam XII/Tanjungpura juga mengatakan bahwa Karhutla merupakan hal yang sudah terjadi sejak dahulu dan berulang setiap tahun di beberapa wilayah di Indonesia. Pemerintah juga berkomitmen untuk melaksanakan penanggulangan Karhutla sebagai wujud kehadiran Negara bagi Masyarakat.

BACA JUGA  Dua ASN Kemenag Kab. Solok Ikuti MTQ Korpri Nasional ke 6

Karhutla
Peserta Apel Gelar Pasukan Siaga Karhutla di Lapangan Tidayu Makodam XII/TPR Kabupaten Kubu Raya, Rabu 2 Agustus 2023.

“Hari ini juga seluruh Kodim Polres dan Bupati melaksanakan apel kesiapsiagaan seperti yang kita laksanakan, kemudian infrastruktur monitoring dan pengawasan harus sampai ke tingkat bawah dari tingkat Provinsi, Kabupaten,Kecamatan maupun Desa, semuanya harus turun serta membantu pengawasan dan penyuluhan terhadap Masyarakat,” ujar Iwan Setiawan mantan Danjen Kopassus.

Kapolda Kalbar juga menambahkan bahwa penanganan Karhutla ini harus dilakukan dengan sinergitas. Seluruh stakeholder yang terkait, supaya hasilnya memiliki dampak dari setiap tindakan dan upaya yang dilakukan. Prioritaskan untuk pencegahan, sehingga semua berupaya untuk melakukan pencegahan di wilayah yang menjadi sektor tanggung jawab masing-masing.

“Kami dari Kepolisian daerah Kalimantan Barat tentunya mengucapkan terima kasih kepada bapak Gubernur dan Pangdam yang telah melaksanakan apel ini untuk menghadapi dan mengantisipasi dari prediksi-prediksi yang disampaikan oleh BMKG,” ungkap Irjen Pol Pipit Rismanto.

BACA JUGA  TNI AL Evakuasi Warga Terdampak Banjir di Desa Sitiarjo

Karhutla
Peserta Apel Gelar Pasukan Siaga Karhutla di Lapangan Tidayu Makodam XII/TPR Kabupaten Kubu Raya, Rabu 2 Agustus 2023.

Dengan berbagai langkah strategi, lanjut mantan Dirtipidter Bareskrim Polri menyampaikan bahwa secara berkesimbungan pada kesempatan apel ini Pipit Rismanto memberikan beberapa penekanan, antara lain, terus lakukan berbagai langkah deteksi dini pencegahan Karhutla.

“Saat ini kami sedang bersama-sama menurunkan Tim dari Pusat juga melakukan backup Kalimantan Barat untuk melakukan mitigasi lahan Gambut kemudian melakukan pemetaan dalam rangka mempersiapkan langkah-langkah strategis, diantaranya adalah untuk menyiapkan sarana dan inventarisasikan kembali lokasi atau titik-titik rawan terjadi kebakaran hutan juga melakukan monitoring Hotspot dan segera memadamkan api,” ujarnya.

Sementara itu, berdasarkan data yang diperoleh bahwa Hotspot pada tanggal 1 hingga 29 Juli 2023 sebanyak 7.969 titik, angkat tersebut mengalami peningkatan drastis dari bulan Juni yang hanya 1.392 Hotspot, bulan Mei 509 Hotspot, bulan April 935 Hotspot, bulan Maret 123 Hotspot, bulan Februari 499 Hotspot, dan bulan Januari sebanyak 263 Hotspot.

BACA JUGA  Tim Investigasi WALHI NTB Segera Turun Ke Lokasi Tambak Udang

Karhutla
Data rincian dan sebaran Hotspot Karhutla di wilayah Provinsi Kalimantan Barat dari BPBD Provinsi Kalimantan Barat.

Berdasarkan laporan Ir. Ansfridus. J. Andjioe, ME selaku Kepala BPBD Provinsi Kalimantan Barat pada tanggal 29 Juli 2023 yang diperoleh Kepala Perwakilan Kalimantan Barat media online Redaksi Satu pada hari Minggu, 30 Juli 2023, sekitar Pukul 08.59 WIB, Hotspot tersebut tersebar di 14 Kabupaten/Kota yang ada di wilayah Provinsi Kalimantan Barat.

Adapun rincian penyebaran 7.969 Hotspot pada 1 hingga 29 Juli 2023 berdasarkan laporan BPBD Provinsi Kalimantan Barat yang dilaporkan kepada Gubernur, yakni:
1. Kabupaten Sambas, 126 Hotspot
2. Kabupaten Mempawah, 0 (Nihil)
3. Kabupaten Sanggau, 2.512 Hotspot
4. Kabupaten Ketapang, 905 Hotspot
5. Kabupaten Sintang, 826 Hotspot
6. Kabupaten Kapuas Hulu, 738 Hotspot
7. Kabupaten Bengkayang, 636 Hotspot
8. Kabupaten Landak, 1.013 Hotspot
9. Kabupaten Sekadau, 609 Hotspot
10. Kabupaten Kayong Utara, 43 Hotspot
11. Kabupaten Melawi, 282 Hotspot
12. Kabupaten Kubu Raya, 188 Hotspot
13. Kota Pontianak, 86 Hotspot
14. Kota Singkawang, 5 Hotspot

Dari data-data yang diperoleh tersebut, lahan yang terbakar itu tampak bukan hanya lahan pertanian milik warga, namun tampak juga kebakaran tersebut terindikasi kuat di area Perkebunan Sawit pada Sabtu 29 Juli 2023. Seperti halnya indikasi kuat kebakaran lahan Perkebunan Sawit di Desa Sungai Bulan, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya. Selain itu, di Desa Permata, Kecamatan Terentang, Kabupaten Kubu Raya.

Editor: Adrianus Susanto318

BACA JUGA  DPC PERADI Malang Bentuk Tim Advokasi Tragedi Kanjuruhan

Trending

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.