Presiden Jokowi: Indonesia Siap Menerima Tamu KTT G20

0
70
Jokowi
Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo (Jokowi).
KALBAR | REDAKSISATU.ID – Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo (Jokowi) menyatakan bahwa Indonesia siap menerima para tamu dan menyelenggarakan KTT G20. Ia menyebut sebanyak 17 Kepala Negara/Kepala Pemerintahan akan hadir pada puncak KTT G20, tanggal 15-16 November 2022 mendatang.

Pernyataan Presiden Jokowi ini disampaikan kepada Awak Media, usai meninjau langsung sejumlah tempat yang akan dijadikan lokasi penyelenggaraan KTT G20, di Taman Hutan Raya (Tahura) Ngurah Rai, Kota Denpasar, dilansir dari website Sekretariat Kabinet, Selasa 8 November 2022.

“Jadi ini sudah H-7, saya sudah cek dari pagi tadi sampai titik-titik yang paling kecil sudah kita cek semuanya, dan saya ingin menyatakan kita siap menerima tamu-tamu G20,” kata Jokowi.

BACA JUGA  Kasus Penikaman, 3 Pelajar di Bengkulu Berhasil Ditangkap

Jokowi
Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo (Jokowi) saat memberikan Keterangan Pers, usai meninjau langsung sejumlah tempat yang akan dijadikan lokasi penyelenggaraan KTT G20, di Taman Hutan Raya (Tahura) Ngurah Rai, Kota Denpasar, dilansir dari website Sekretariat Kabinet, Selasa 8 November 2022.

Pada kesempatan ini, Presiden Ir. H. Joko Widodo memastikan sebanyak 17 (tujuh belas) Kepala Negara/Kepala Pemerintahan yang hadir pada puncak Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 tanggal 15-16 November 2022 di Provinsi Bali.

“Di antaranya adalah Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Presiden Republik Rakyat Tiongkok Xi Jinping. Sudah, itu yang sudah pasti 17,” ungkap Presiden.

Sedangkan terkait kehadiran Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, Presiden Jokowi mengatakan bahwa kedua Pemimpin Negara tersebut masih mempertimbangkan situasi dan kondisi di Negara masing-masing.

BACA JUGA  Polda Kalbar Beri Himbauan dan Pengamanan Gawai Dayak Ke-38 di Rumah Radakng

“Beberapa hari yang lalu saya juga sudah bertelepon, berbicara lewat telepon dengan Presiden Putin dan Presiden Zelensky, beliau menyampaikan akan hadir kalau kondisinya memungkinkan,” tutur Presiden Jokowi.

Presiden pun kembali menegaskan bahwa kehadiran para Kepala Negara maupun Kepala Pemerintahan pada KTT G20 di Bali kali ini merupakan suatu kehormatan, mengingat kondisi dunia yang sedang tidak kondusif.

“Saya kira dalam posisi normal itu biasa yang hadir juga 17-18, ini posisi yang tidak normal, dunia sangat sulit, semua Negara sangat sulit, kalau kehadirannya sampai sejumlah itu saya kira juga sangat bagus, sangat bagus,” pungkasnya.

BACA JUGA  Presiden Jokowi Minta Menteri PUPR Lebarkan Jalan Pontianak-Pelabuhan Kijing

Sebagai presidensi G20, Indonesia mengusung tema: Recover Together Recover Stronger, yang berkaitan dengan pemulihan ekonomi akibat Pandemi Covid-19.

Mengutip website Bank Indonesia, G20 adalah forum kerja sama multilateral yang terdiri dari 19 Negara Utama dan Uni Eropa (EU). G20  merepresentasikan lebih dari 60% populasi bumi, 75% perdagangan global, dan 80% PDB dunia.

Anggota G20 terdiri dari Afrika Selatan, Amerika Serikat, Arab Saudi, Argentina, Australia, Brasil, India, Indonesia, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, Meksiko, Republik Korea, Rusia, Perancis, Tiongkok, Turki, dan Uni Eropa.

Editor: Adrianus Susanto318

BACA JUGA  UUD 1945 Naskah Asli Tidak Ada Sistem Bikameral

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.