Iklan
Iklan
BerandaINTERNASIONALPesan Perdana Menteri Italia, Hubungan Kemitraan Tiongkok Lebih Penting..!

Pesan Perdana Menteri Italia, Hubungan Kemitraan Tiongkok Lebih Penting..!

Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni, memberikan pesan penting, hubungan kemitraan dengan Tiongkok, (10/9/2023).

Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni mengatakan, bahwa hubungan Italia dengan Tiongkok lebih penting daripada Belt and Road Initiative (BRI), tegas Meloni.

Perdana Menteri Italia menambahkan, bahwa keputusan akhir ini”, mengenai apakah akan meninggalkan BRI’ atau masih harus diambil, Ulang Giorgia Meloni.

Media Italia sebelumnya melaporkan bahwa, Pemerintah Italia akan keluar dari BRI dan sebaliknya berupaya merevitalisasi perjanjian kemitraan strategis dengan Tiongkok.

Hal itu yang bertujuan untuk mendorong kerja sama ekonomi, yang pertama kali ditandatangani pada tahun 2004.

Italia adalah satu-satunya negara G7 yang mendaftar ke BRI, sebuah rencana perdagangan dan infrastruktur global yang meniru Jalur Sutra lama yang menghubungkan kekaisaran Tiongkok dan Barat.

Italia akan menjadi presiden G7 tahun depan dan menyusun kembali hubungannya dengan Beijing akan menenangkan sekutu-sekutu Baratnya, yang takut akan pengaruh Tiongkok, sekaligus mengurangi risiko reaksi balik dari Beijing.

“Ada negara-negara Eropa yang dalam beberapa tahun terakhir belum menjadi bagian dari Belt and Road.

Namun mampu menjalin hubungan yang lebih baik, (dengan Tiongkok) dibandingkan yang pernah kami lakukan,” kata Meloni pada konferensi pers di akhir pertemuan G20.

Pada pertemuan puncaknya, negara-negara ekonomi utama dunia di New Delhi (India).

Meloni bertemu dengan Perdana Menteri Tiongkok Li Qiang pada hari Sabtu di sela-sela pertemuan G20 dan menggambarkan pembicaraan tersebut sebagai pembicaraan yang sopan dan konstruktif.

“Persoalannya bagaimana menjamin kemitraan yang menguntungkan kedua belah pihak, mengesampingkan keputusan yang akan kita ambil terhadap BRI,” imbuhnya.

Meloni mengatakan Tiongkok telah memperbarui undangannya untuk mengunjungi Beijing tetapi tanggalnya belum ditentukan.

Pemerintah Italia juga telah diundang ke Forum BRI yang akan diselenggarakan oleh Tiongkok pada bulan Oktober, tambahnya.

Politisi Italia mempertanyakan nilai perjanjian BRI yang ditandatangani oleh pemerintahan sebelumnya pada tahun 2019.

Dalam pernyataannya pada hari Sabtu, kantor Meloni menyebutkan peringatan 20 tahun Kemitraan Strategis Global terpisah yang ditandatangani oleh Tiongkok dan pemerintah yang dipimpin oleh Silvio Berlusconi pada tahun 2004. Dikutip dari CNA.

Trending

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.