Beranda DAERAH Pergantian Pejabat Jangan Dimaknai Sebagai Pergantian Personil Semata

Pergantian Pejabat Jangan Dimaknai Sebagai Pergantian Personil Semata

Pergantian Pejabat
PASBAR | Redaksi Satu – Pergantian pejabat jangan dimaknai sebagai pergantian personil semata, demikian disampaikan oleh Kapolres Pasaman Barat AKBP M. Aries Purwanto, S.I.K., M.M. saat memimpin upacara serah terima jabatan Kasat Reskrim dan Kapolsek Ranah Batahan serta Kapolsek Kinali di lapangan indoor voly Mako Polres Pasaman Barat, Rabu siang (28/09/2022).

M. Aries pada kesempatan itu mengatakan, bagi pejabat baru diharapkan untuk selalu memahami tugas pokoknya, berikan contoh yang baik kepada bawahan, segera pahami karakteristik daerah dan kamtibmas wilayahnya masing-masing, karena hal itu merupakan modal dasar untuk kesiapan dalam menghadapi setiap gejolak-gejolak yang dapat menimbulkan gangguan Kamtibmas yang menonjol.

“Karena itu mekanisme pergantian pejabat seperti ini, tidak hanya dimaknai sebagai pergantian personel semata, tetapi lebih dari itu merupakan proses kesinambungan pembinaan yang mendorong semangat pembaruan dan penyegaran bagi peningkatan peran organisasi,” terang M. Aries.

Dikatakannya, Sertijab Kasat Reskrim ini dilaksanakan berdasarkan Surat Telegram Kapolda Sumbar Nomor: ST/726/IX/KEP./2022 tanggal 14 September 2022 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Polda Sumatera Barat.Pergantian Pejabat

Menurut Aries, serah terima jabatan ini juga memiliki makna penting dan strategis, karena terkait dengan dinamika proses kesinambungan pembinaan secara utuh dan menyeluruh baik pembinaan organisasi, pembinaan personel, maupun regenerasi di lingkungan Polres Pasaman Barat khususnya dan Polri pada umumnya.

Upacara sertijab Kasat Reskrim dan dua Kapolsek di Kapolres Pasaman Barat tersebut berlangsung dengan khidmat, di mana Jabatan Kasat Reskrim Polres Pasaman Barat yang sebelumnya dijabat oleh AKP Fetrizal S, S.I.K., M.H digantikan oleh Fahrel Haris, S.H., M.H, yang sebelumnya menjabat sebagai Kaurrenmin Setum Polda Sumbar.

Sementara AKP Fetrizal S, S.I.K., M.H akan melaksanakan tugas sebagai Kasat Reskrim Polres Bukittinggi yang sebelumnya dijabat oleh AKP Ardiansyah Rolindo Saputra, S.I.K., M.H.

BACA JUGA  Momen Peringatan HPN 2022 di Pasbar Ditandai Dengan Peletakan Batu I Gedung Pers

Upacara sertijab yang dihadiri oleh Pejabat Utama Polres Pasaman Barat, Para Kapolsek sejajaran dan Pengurus Bhayangkari Cabang Pasaman Barat, bukan hanya pada jabatan Kasat Reskrim, juga pada jabatan Kapolsek Ranah Batahan dan Kapolsek Kinali.

Pelaksanaan rotasi ini juga berdasarkan Surat Telegram Kapolda Sumbar Nomor: ST/755/IX/KEP./2022 tanggal 22 September 2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di lingkungan Polda Sumatera Barat, Iptu M. Mulyadi, S.Sos yang saat ini menjabat sebagai Kapolsek Ranah Batahan menyerahkan jabatannya kepada Iptu Muswar Hamidi, S.E., M.H yang sebelumnya menjabat sebagai Panit 2 Subdit 2 Ditintelkam Polda Sumbar, Iptu M. Mulyadi selanjutnya akan melaksanakan tugas sebagai Pama Yanma Polda Sumbar.Pergantian Pejabat

Demikian juga, Kapolsek Kinali yang sebelumnya dijabat oleh AKP Defrizal, S.H., M.H memberikan tampuk jabatannya kepada AKP Aditialidarman, S.H yang menjabat sebagai Kasat Binmas Polres Tanah Datar, selanjutnya AKP Defrizal akan bertugas sebagai Kasubbagwatpers Bag SDM Polres Pasaman Barat.

Apel pelaksanaan upacara serah terima jabatan tersebut diawali dengan pembacaan Sumpah jabatan oleh Kapolres Pasaman Barat yang diikuti oleh pejabat baru yang didampingi rohaniawan.

Sumpah tersebut, berisi tentang janji dan kesiapan dalam melaksanakan tugas serta tanggung jawab selaku pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat, yang senantiasa mengutamakan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi, golongan dan jabatan, setelah itu dilakukan penandatanganan pakta integritas oleh pejabat yang dilantik.

Dengan kehadiran pejabat baru diharapkan dapat memelihara dan meningkatkan keseimbangan serta kesinambungan upaya-upaya yang telah dilaksanakan oleh Kasat dan Kapolsek sebelumnya, yang juga mampu mengadakan koreksi, analisa/evaluasi guna perbaikan dan penyempurnaan kinerja yang selaras dengan situasi dan kondisi yang berkembang.

Setelah kegiatan upacara serah terima jabatan, dilanjutkan dengan kegiatan pisah sambut di Aula Bhayangkara.

BACA JUGA  Bank Syariah Indonesia (BSI) Cabang Simpang Empat Terbaik Serahkan Bantuan

(Zoelnasti)

Artikulli paraprakGEMPA BUMI TEKTONIK M=4.5 DIRASAKAN DI PASAMAN BARAT, SUMBAR
Artikulli tjetërDiskusi : Kopi Party Movement “Lacak Uang 303 Sambo”

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.