Iklan
Iklan
BerandaINTERNASIONALPemilu Spanyol: Partai Konservatif Raih Suara Terbanyak

Pemilu Spanyol: Partai Konservatif Raih Suara Terbanyak

Pemilu Spanyol: parlemen di menangkan oleh Partai Konservatif setelah, mengumpulkan suara terbanyak dan mengamankan mayoritas yang diharapkan, (25/7/2023).

Partai Rakyat Konservatif dan Sosialis Perdana Menteri Pedro Sánchez sama-sama mengumumkan kemenangan, dengan kemungkinan negosiasi berminggu-minggu ke depan.

Partai konservatif oposisi Spanyol mengamankan, jumlah kursi terbanyak dalam pemilihan nasional. Tetapi tampaknya tidak mungkin untuk mengamankan koalisi mayoritas sayap kanan.

Setelah pemungutan suara yang menimbulkan kekhawatiran, masuknya sayap kanan pemerintahan. Untuk pertama kalinya sejak negara itu kembali ke demokrasi. Setelah kematian Jenderal Franco lima dekade lalu.

Meskipun jajak pendapat secara konsisten memperkirakan bahwa, oposisi Partai Rakyat (PP) yang konservatif akan melaju melewati Partai Pekerja Sosialis Spanyol (PSOE).

Untuk tegas mengamankan kemenangan dalam pemilihan pada hari Minggu, hasil awal dengan cepat menetapkan bahwa persaingan akan jauh lebih ketat.

Dengan 100% suara dihitung, PP telah memenangkan 136 kursi sementara PSOE 122. Calon mitra koalisi konservatif di partai sayap kanan Vox telah mengambil 33 kursi, turun dari 52 kursi yang mereka raih pada pemilihan terakhir. Dan sekutu PSOE di aliansi sayap kiri baru Sumar berada di tempat keempat dengan 31 kursi.

Hitungan tersebut menunjukkan bahwa rona politik pemerintahan berikutnya jauh dari kesimpulan sebelumnya, dengan blok kiri dan kanan bersaing ketat dalam perlombaan mereka, untuk mendapatkan kursi sedekat mungkin dengan 176 kursi.

Mendekati hari Senin, PP dan Vox telah mengamankan 169 kursi untuk PSOE dan 153 kursi Sumar, menunjukkan bahwa Spanyol akan bernegosiasi selama berminggu-minggu dan berdagang kuda saat kubu saingan mengeksplorasi pilihan mereka untuk pemerintahan.

Negosiasi oleh kedua blok untuk membentuk pemerintahan akan dimulai setelah parlemen baru bersidang pada 17 Agustus.

Raja Felipe VI akan mengundang pemimpin PP, Alberto Núñez Feijóo, untuk mencoba mengamankan jabatan Perdana Menteri.

Dalam situasi serupa di tahun 2015, ketua PP Mariano Rajoy menolak undangan raja, dengan mengatakan dia tidak dapat mengumpulkan dukungan.

Jika Feijoo menolak, raja dapat menghubungi Perdana Menteri, Pedro Sánchez, dengan permintaan yang sama.

Undang-undang tidak menetapkan tenggat waktu untuk proses tersebut, tetapi jika tidak ada kandidat yang memperoleh mayoritas suara.

Dalam waktu dua bulan sejak pemungutan suara pertama Perdana Menteri, pemilihan baru harus diadakan.

Sánchez mengatakan pada Minggu malam bahwa partai “reaksioner” sayap kanan Spanyol telah gagal dalam pemungutan suara.

Kami telah memenangkan lebih banyak suara, lebih banyak kursi dan bagian suara yang lebih besar daripada yang kami lakukan empat tahun lalu,” katanya kepada massa yang berkumpul di luar markas PSOE di Madrid.

“Blok reaksioner mundur yang berusaha membatalkan kemajuan selama empat tahun terakhir telah gagal.”

Ketua PP, Feijóo, berterima kasih kepada mereka yang telah membantu partainya meraih kemenangan dan mengatakan bahwa dia bermaksud untuk mencoba membentuk pemerintahan secepat mungkin.

“Tugas kita sekarang adalah menghentikan periode ketidakpastian yang terbuka di Spanyol,” katanya.

Sebagai calon dari partai yang meraih suara terbanyak, saya yakin tugas saya adalah membuka dialog secepat mungkin.’ dan berusaha mengatur negara kita sesuai dengan hasil pemilu, dan kemenangan pemilu.”

Sanchez – yang mempertaruhkan pemilihan mendadak setelah PSOE kalah dalam pemilihan regional dan kota Mei , telah menyebut jajak pendapat itu sebagai pilihan tegas antara kekuatan kemajuan dan kekuatan reaksioner konservatisme.

Dia berargumen bahwa hanya PSOE dan aliansi Sumar, yang mencakup Podemos dan dipimpin oleh wakil Perdana Menteri dan menteri tenaga kerja, Yolanda Díaz.

Mereka yang dapat mempertahankan dan menyampaikan agenda progresif yang dia kejar selama empat tahun terakhir.

Pada Minggu malam, Díaz memberi tahu pendukung Sumar: “Kami menang. Hari ini kita memiliki negara yang lebih baik.

Mulai besok, kami harus terus memenangkan hak dan kami berkomitmen untuk melakukan itu – lebih banyak hak untuk perempuan, untuk orang LGBTI dan untuk pekerja.

Pemimpin Vox, Santiago Abascal, mengucapkan selamat kepada Feijóo dari PP atas kemenangannya tetapi menambahkan:

Saya ingin menunjukkan sesuatu yang merupakan berita buruk bagi banyak orang Spanyol: meskipun kalah dalam pemilihan, Pedro Sánchez dapat memblokir pembentukan pemerintahan baru.

Lebih buruk lagi, Pedro Sánchez bahkan dapat diinvestasikan sebagai Perdana Menteri Spanyol dengan bantuan komunis, pendukung kemerdekaan (Catalan), dan teroris.

Meskipun PP secara konsisten memimpin jajak pendapat dan melakukan kampanye yang agresif, PP mengalami minggu lalu yang buruk karena fokus beralih ke Feijóo.

Dia sudah terlihat canggung setelah klaimnya tentang rekam jejak PP tentang pensiun ternyata tidak benar, tetapi kemudian dikritik karena nada seksis dari referensi yang jelas pada riasan Díaz .

Feijóo telah mendesak orang Spanyol untuk memilih “untuk menyatukan negara kita lagi” dan mengatakan bahwa, tidak seperti Sánchez, dia tidak terikat pada siapa pun.

“Saya tidak punya hutang atau kesepakatan dengan siapa pun,” katanya kepada para pendukung di kota A Coruña di Galicia pada hari Jumat. “Saya tidak perlu menjawab kepada siapa pun kecuali orang-orang Spanyol.”

Jajak pendapat Ipsos untuk La Vanguardia bulan ini menemukan bahwa ekonomi adalah satu-satunya masalah terbesar bagi pemilih, dengan 31% dari survei mereka yang menempatkannya di urutan teratas daftar mereka.

Berikutnya adalah pengangguran (10%) dan perawatan kesehatan (9%). Imigrasi, salah satu poin pembicaraan favorit Vox, adalah masalah terpenting hanya untuk 2% dari survei mereka.

Dikutip dari The Guardian
Redaksi

Trending

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.