Iklan
BerandaDAERAHPembentukan Pokdarwis di Nagari Koto Baru 2021

Pembentukan Pokdarwis di Nagari Koto Baru 2021

Pasasaman Barat | Redaksi Satu – Pembentukan Pokdarwis untuk pengembangan destinasi wisata di Koto Baru oleh Pemerintah Nagari Koto Baru diawali dengan Pelatihan perwakilan masyarakat dari delapan kejorongan yang ada di Nagari Koto Baru.

Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari (Rabu, 8 hingga Kamis 9 Desember 2021) tersebut diikuti sebanyak 23 orang peserta yang berasal dari unsur pemuda dan dari berbagai elemen masyarakat setempat tersebut dengan rangkaian acara yang dilaksanakan sesuai protokol kesehatan.

Acara dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Pasbar, Decky H. Sahputra yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bidang Pengembangan Kapasitas dan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata, Zul Atiska dan Eko Darmawan selaku pelaku dan penggiat wisata.

Menurut Eko Dermawan menyampaikan, Pembentukan Pokdarwis bertujuan sebagai penggerak Sadar Wisata dan Sapta Pesona di lingkungan wilayah destinasi wisata yang ada.

Dikatakannya, Pokdarwis juga berperan sebagai Mitra Pemerintah dan pemerintah daerah maupun Pemerintah Nagari dalam upaya perwujudan dan pengembangan Sadar Wisata di daerahnya.

Pembentukan Pokdarwis

Pembentukan Pokdarwis menurut Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Pasbar, melalui Zul Atiska mengatakan agar peserta memiliki kapasitas dan kapabilitas yang menentukan dalam pengelolaan destinasi wisata antara lain daya tarik wisata.

Dikatakannya, Fasilitas dan jasa pelayanan wisata serta keramah tamahan dari peserta juga diharapkan mampu mendorong penataan pariwisata di Kabupaten Pasbar agar tertata baik dan berdaya saing.

Zul Atiska, juga mengajak peran serta lembaga masyarakat untuk membangun dan meningkatan destinasi wisata di wilayahnya agar dapat meningkatkan daya tarik pengunjung ke depan.

Acara Pelatihan Pembentukan Pokdarwis hari pertama ditutup dengan memilih dan menetapkan susunan pengurus Pokdarwis Nagari Koto Baru.

Dari hasil diskusi pada sesi pemilihan yang berlangsung secara demokratis tersebut akhirnya terpilih Pengurus Pokdarwis Nagari Koto Baru Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat sebagai berikut : Ketua, Danang Panjiwana Sekretaris, Heru Aspiri dan Bendahara, Anita.

Menurut Ketua Panitia, Vidya, kegiatan di hari ke dua akan dilanjutkan pada Kamis,(9/12/2021) besok, dengan lanjutan materi pelatihan dan praktek lapangan, sekaligus pengukuhan susunan pengurus Pokdarwis Nagari Koto Baru di lapangan oleh Kadis Pariwisata Pasbar, Decky H. Sahputra.

(Zoelnasti)

Trending

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.