Iklan
Iklan
BerandaINTERNASIONALKedua Negara Kanada dan India, Bersitegang Di KTT G-20

Kedua Negara Kanada dan India, Bersitegang Di KTT G-20

Kedua negara Kanada dan India bersitegang di KTT G20 India, dimana atas pernyataan Justin Trudeau muncul setelah pertemuan itu terjadi, (19/9/2023).

Di mana kedua negara itu bersitegang PM India Narendra Modi menuduh PM Kanada Justin Trudeau, tidak mencerminkan dan mencakup landasan yang mendasar“ aktivitas elemen ekstremis anti-India”, mengacu pada separatis Sikh.

Justin Trundeu Perdana Menteri Kanada, baru baru ini meninjau ulang. Dari negosiasi perjanjian perdagangan bebas Kanada dengan negara India.

Laporan tersebut tidak memberikan rincian apa pun” mengenai kebijakannya, namun India menyebutkan adanya “perkembangan politik tertentu”.

Nijjar adalah tokoh Sikh ketiga, yang telah meninggal, seketika dan, mendadak dalam beberapa bulan terakhir ini.

Trudeau yang terdampar meninggalkan India, setelah kunjungan yang sangat dingin
di Inggris, Avtar Singh Khanda, yang dikatakan sebagai kepala Pasukan Pembebasan Khalistan, meninggal di Birmingham pada bulan Juni.

Paramjit Singh Panjwar, yang ditetapkan sebagai teroris oleh India, ditembak mati pada bulan Mei di Lahore, ibu kota provinsi Punjab Pakistan.

Latar belakang ketegangan antara Delhi dan Ottawa adalah, meningkatnya tekanan yang diberikan pemerintah India,’terhadap pemerintah di tiga negara. Dengan populasi Sikh yang cukup besar: Kanada, Australia, dan Inggris.

Mereka secara terbuka mengatakan, bahwa kegagalan untuk mengatasi apa yang mereka sebut sebagai “ekstremisme Sikh”, akan menjadi hambatan bagi hubungan baik.

Pada hari Selasa, Gedung Putih mengatakan “sangat prihatin” atas tuduhan dari Presiden Kanada Trudeau.

“Kami tetap menjalin kontak rutin dengan mitra kami di Kanada. Sangat penting bagi Kanada, untuk melanjutkan penyelidikan dan membawa pelakunya ke pengadilan,” kata juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih, Adrienne Watson.

Laporan tambahan dari Nadine Yousif, Aleem Maqbool dan Gerald Narciso di Toronto. Dikutip dari BBC.

Trending

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.