Iklan
Iklan
BerandaINTERNASIONALJepang Dilanda Hujan dan Topan Gelombang

Jepang Dilanda Hujan dan Topan Gelombang

TOKYO -Turunnya hujan lebat di sertai angin topan melanda di sepanjang pantai Pasifik Jepang pada hari Senin (14/8/2023).

Turunnya hujan lebat dan disertai gelombang angin topan yang menerjang, mendorong pihak berwenang Jepang untuk memperingatkan tentang tanah longsor dan banjir.

Di jalur yang akan melanda, gelombang topan  pulau utama Honshu pada Selasa pagi, Lan diperkirakan akan menurunkan curah hujan hingga 40 cm.

Dalam 24 jam hingga pukul 6 pagi, pada Selasa di beberapa daerah, kata Badan Meteorologi Jepang.

Beberapa kota akan mengalami hembusan angin hingga 162 km/jam pada hari Senin, meningkat hingga 180 km/jam pada hari Selasa ketika sistem menghantam Honshu, kata badan tersebut.

Badai itu diperkirakan akan mendarat di ujung selatan Semenanjung Kii, sekitar 600 km barat Tokyo, sebelum menuju daratan menuju Osaka, kota utama Jepang barat.

Menjelang Senin pagi, salah satu kotamadya di wilayah Wakayama mulai mengimbau para lansia setempat untuk mempertimbangkan mengevakuasi rumah mereka ke tempat penampungan umum.

Topan yang mendekat juga telah mendorong pembatalan layanan transportasi umum pada hari Selasa, menyebabkan pusing para wisatawan selama minggu perjalanan “obon” tradisional.

Setiap tahun, jutaan keluarga kembali ke kampung halaman mereka selama musim ini, tetapi beberapa orang memutuskan untuk mempersingkat liburan mereka dan kembali ke kota pada hari Senin sebelum topan menyerang.

Japan Airlines mengatakan pihaknya membatalkan 19 penerbangan untuk Senin dan 240 penerbangan pada Selasa. Saingannya All Nippon Airways juga berencana mengumumkan pembatalan nanti.

Berbagai bagian layanan kereta peluru “Shinkansen” berkecepatan tinggi juga akan ditangguhkan pada hari Selasa, terutama di daerah sekitar pusat bisnis regional Osaka dan Nagoya di pulau Honshu.

Pada Senin pagi, Lan berada 260km tenggara Tanjung Shionomisaki di Semenanjung Kii, dengan kecepatan hembusan hingga 198kmh. Dikutip dari CNA

 

Trending

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.