Beranda INFO POLISI Brimob Banten, Merancang Mobile Repeater, Canggih

Brimob Banten, Merancang Mobile Repeater, Canggih

BRIMOB
SERANG – Redaksi Satu – Satbrimob Polda Banten fungsi TIK Brimob (Teknologi Informasi dan Komunikasi) menggelar peralatan dalam mobile repeater di kantor Satbrimob Polda Banten, pada Minggu (23/01/2022).

Komandan Satbrimob Polda Banten Kombes Pol Dwi Yanto Nugroho menyampaikan Satrimob Polda Banten melakukan penggelaran peralatan lengkap yang terdapat di mobile repeater tersebut bertujuan untuk kesiapsiagaan fungsi TIK Brimob Banten untuk menyongsong tugas-tugas kedepan yang semakin berat dan tidak mengenal waktu dan tempat.

Mobile Repeater Korps Brimob Polri adalah kendaraan yang dirancang untuk membantu, mempermudah mobilitas kerja pasukan Brimob dalam menghadapi tantangan tugas-tugasnya di Polri,” Tegas Dwi Yanto.

Selanjutnya Dwi Yanto mengatakan Mobile Repeater merupakan salah satu cara mempermudah dalam berkomunikasi dengan menggunakan alat bantu Radio pancar ulang, sehingga komunikasi dari dua arah akan terjalin tanpa menggunakan perangkat tambahan pada HT (handy talky).

“Repeater Radio atau Radio Pancar Ulang (RPU) merupakan perangkat radio yang berfungsi untuk memperluas jangkauan komunikasi antar perangkat mobile (radio HT atau mobile rig), Mobile Repeater dapat meningkatkan jangkauan komunikasi antar radio HT hingga mencapai radius 40-120km, tergantung konfigurasi perangkat, antena dan pemilihan ketinggian lokasi radio repeater,”ujar Dansat Brimob Polda Banten.

Sementara itu Kasi TIK Satbrimobda Banten Iptu Isyanta Dalam arahan nya, Kualitas jangkauan Mobile Repeater sangat ditentukan oleh letak, posisi dan ketinggian, serta jenis antena yang dipergunakan dengan posisi ketinggian yang tepat, bebas pandang, serta semakin tinggi mutu antena, maka jangkauan akan semakin luas dan jernih.

Kehandalan Mobile Repeater ditentukan oleh, perangkat radio yang digunakan. Radio pancar ulang merupakan hal dasar untuk memerlukan Mobile Repeater yaitu guna mempermudah dalam berkomunikasi dan menambah radius pancar.

BACA JUGA  Pengadaan Unit Mobil LMDH Tani Rimba Jaya Dipertanyakan Warga Cigeulis

Suatu alat komunikasi yang kita tahu pancaran suatu alat komunikasi direct seperti HT (handy talky) hanya berjarak 1 km saja, dengan Memakai Perangkat Mobile Repeater jangkaun bisa 50 KM dan itu juga tergantung dari posisi ketinggian antena Mobile Repeater tersebut serta lokasi area.

“Pada pagi hari ini kita laksanakan pengecekan berikut latihan dengan peralatan yang ada pada mobil repeater guna mengasah kembali kemampuan dan juga menjaga kondisi perangkat agar selalu dalam keadaan siap ketika digunakan maupun tidak digunakan, “kata Isyanta.

Terakhir Isyanta mengatakan dalam garis besar fungsi mobil repeater ini sendiri untuk memperkuat daerah yang minim signal dari server, hal ini di karenakan signal yang lemah di buat menjadi lebih kuat oleh alat ini berfungsi lebih maksimal.(Bidhumas).

Artikel sebelumyaGratis, Warga Mahakarya Sangat Antusias Dengan Kegiatan Vaksin Covid-19
Artikel berikutnyaDitsamapta Polda Banten Rutin Patroli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.