Birthday Blues, alasannya bisa karena trauma masa lalu yang berhubungan dengan perayaan ulang tahun atau tidak memiliki orang terdekat untuk merayakan bersama.

Akan tetapi, hal ini tidak berlaku pada sebagian orang yang mengalami birthday blues. Kondisi ini ditandai dengan rasa sedih, cemas, marah, dan kecewa sebelum, saat, atau sesudah hari ulang tahun.

Orang yang mengalami birthday blues dapat menunjukkan ciri yang berbeda. Namun, kondisi ini umumnya dapat ditunjukkan dengan tanda, mencoba melupakan tanggal ulang tahun, membenci orang yang bertanya tentang ulang tahunnya.

Dan merasa tidak antusias tentang perayaan hari ulang tahun, mengisolasi diri selama hari ulang tahun, merenungkan usia yang bertambah tapi tujuan hidup belum tercapai, misalnya belum lulus kuliah, belum menikah, atau belum memiliki anak

Ulang tahun sering dianggap sebagai perayaan bahagia karena berbagai pencapaian saat memasuki usia baru. Dan identik dengan hari bahagia serta perayaan bersama keluarga dan teman-teman.

Namun, saat memasuki usia dewasa, seseorang mungkin merasa tidak memiliki pencapaian layaknya orang lain. Inilah alasan umum mengapa orang dewasa merasa sedih saat berulang tahun.

Selain itu, birthday blues juga dapat disebabkan oleh hal lain, yaitu:

1. Kepribadian introvert

Introvert terkadang dicap sebagai orang yang antisosial. Namun, introvert sebenarnya adalah orang dengan kapasitas interaksi sosial yang lebih rendah daripada ekstrovert.

Kepribadian introvert merupakan salah satu alasan seseorang mengalami birthday blues. Seseorang mungkin merasa tidak nyaman ketika dikelilingi keramaian atau menjadi pusat perhatian, seperti momen perayaan ulang tahun, terutama yang didahului dengan kejutan.

BACA JUGA  Seorang Penumpang Bus NPM Tujuan Bandung Pingsan Usai Divaksin

2. Trauma masa lalu

Tidak semua anak-anak mengalami masa kecil yang indah. Bahkan, beberapa anak mungkin mengalami peristiwa menyedihkan saat ulang tahun.

Hal inilah yang bisa membuat seseorang sedih saat berulang tahun, bahkan bisa mengalami gejala kecemasan di hari ulang tahunnya.

3. Gangguan kecemasan

Gangguan kecemasan yang dipicu oleh trauma masa lalu memang dikaitkan dengan birthday blues. Orang yang mengalaminya akan merasa cemas berlebihan, sesak napas, nyeri dada, atau pusing. Gejalanya bisa muncul saat ia mengingat atau merayakan hari ulang tahunnya.

4. Takut bertambah tua

Bertambahnya usia sering kali menjadi peristiwa yang memicu kecemasan pada sebagian orang. Kulit keriput, pelupa, rambut memutih, dan berbagai penyakit kerap muncul di usia tua.

Hal inilah yang bisa menjadi sumber kecemasan dan rasa sedih ketika hari ulang tahun tiba, terutama pada lansia.

Pada orang dewasa muda, mereka cenderung mengalami birthday blues karena merasa pencapaian yang belum banyak tetapi usianya menua.

5. Fobia akan kematian

Hampir semua orang mungkin takut akan kematian. Namun, bila rasa takut yang muncul berlebihan, kondisi ini disebut juga thanatophobia.

Orang yang mengalaminya bisa merasa sedih dan cemas berlebihan hingga tidak dapat mengendalikannya.

Thanatophobia biasanya dialami oleh orang dengan jenis gangguan mental tertentu, seperti serangan panik, gangguan kecemasan, atau gangguan stres pascatrauma (PTSD).

Kondisi ini bisa membuat penderitanya mengalami birthday blues karena merasa hidup hanya tinggal beberapa tahun lagi.

6. Kesepian atau rendah diri

Selain alasan di atas, tidak memiliki kerabat dekat juga bisa jadi alasan seseorang mengalami birthday blues. Bisa jadi kerabat yang dimiliki jaraknya berjauhan sehingga tidak bisa merayakan bersama.

BACA JUGA  Manfaat Sirih Cina

Di sisi lain, birthday blues juga mungkin terjadi ketika seseorang selalu membandingkan perayaan ulang tahunnya dengan orang lain yang mungkin menurutnya lebih mewah atau lebih ramai.

Cara Mengatasi Birthday Blues

Birthday blues sebenarnya bukanlah suatu gangguan mental, melainkan dipicu oleh masalah psikologis. Kecemasan umumnya merupakan akar dari birthday blues.

Jika Anda merasakan tanda-tanda cemas yang mulai mengganggu pikiran maupun aktivitas, cobalah lakukan beberapa teknik pernapasan atau meditasi saat rasa sedih atau cemas muncul di hari ulang tahun.

Dan Renungkan alasan utama perasaan tersebut muncul saat berulang tahun. Pikirkan sisi positif dari hari ulang tahun, misalnya menerima hadiah dari teman.

Serta pikirkan manfaat menjadi tua, misalnya Anda akan lebih bijaksana atau segera mendapat uang pensiun. Hindari membandingkan perayaan ulang tahun Anda dengan orang lain. Bicarakan perasaan Anda bersama orang yang Anda percaya.

Selain cara di atas, Anda juga dapat merayakan hari ulang tahun dengan cara yang nyaman menurut Anda. Mungkin bisa merayakannya seorang diri dengan melakukan me time dan bisa juga merayakan hanya berdua dengan pasangan.

Apabila Anda sering merasa sedih di hari ulang tahun atau birthday blues, bahkan emosi yang dirasakan sangat berlebihan sampai menganggu aktivitas Anda di hari itu, jangan ragu konsultasikan ke psikolog, ya.

Sumber: alodokter.com