Iklan
BerandaINTERNASIONALAustralia di Landa Kemarau dan El Nino Mulai Bermunculan

Australia di Landa Kemarau dan El Nino Mulai Bermunculan

Sidney – Australia dilanda musim kemarau dan terik panas, disertai iklim ‘tidak biasa’ menjelang kemungkinan terjadinya El Nino, (16/9/2023).

SSebagian besar wilayah Australia, dilanda iklim musim panas tak menentu yang “tidak biasanya dialami negara itu. Menurut prakiraan cuaca, yang memperkirakan rekor suhu dapat terjadi pada Minggu.

Di Sydney, ibu kota negara bagian terpadat di Australia, New South Wales, suhu mencapai 34,2 derajat Celsius di Bandara Sydney, Kingsford Smith – 12 derajat di atas rata-rata bulan September, menurut data Biro Meteorologi.

Semburan panas terjadi setelah prakiraan cuaca mengatakan pada minggu ini. Bahwa indikator peristiwa cuaca El Nino telah menguat.

Dan kemungkinan akan terjadi, antara bulan September dan November, sehingga membawa kondisi yang lebih panas dan kering di Australia.

Biro cuaca mengatakan “periode awal panas” di banyak wilayah di negara itu “sangat jarang terjadi pada bulan September”.

“Suhu ini akan meningkat dari Minggu hingga Selasa,” katanya di Facebook, dengan suhu 8 hingga 16 derajat Celsius di atas rata-rata.

Rekor suhu siang dan malam hari di bulan September diperkirakan terjadi pada Minggu hingga Kamis di wilayah pedalaman Australia Selatan, New South Wales, dan timur laut Victoria.”

El Nino dapat memicu kejadian cuaca ekstrem mulai dari kebakaran hutan hingga angin topan dan kekeringan berkepanjangan, dan pihak berwenang Australia telah memperingatkan peningkatan risiko kebakaran hutan pada musim panas ini.

Kabut asap tebal menyelimuti Sydney selama beberapa hari pada minggu ini ketika petugas pemadam kebakaran melakukan pembakaran untuk mengurangi bahaya sebagai persiapan menghadapi musim kebakaran hutan yang akan datang.

Di pantai Bondi, warga Sydney, Bella Callaghan, khawatir akan betapa panasnya cuaca dalam beberapa bulan mendatang.

“Kita membutuhkan tabir surya ekstra kuat,” katanya.

Warga lokal lainnya, Danielle Vangou, khawatir dengan pelari maraton Sydney, yang akan berlangsung pada hari Minggu.

Saya akan memikirkan mereka besok sementara saya mungkin akan berada di sini untuk berenang, tapi ini pasti akan sulit bagi mereka, jadi semoga mereka mendapat sedikit penangguhan hukuman. Dikutip dari CNA.

 

 

 

 

Trending

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.