Beranda PERISTIWA 350 Ekor Burung Kacer Diseludupkan Berhasil Digagalkan TNI

350 Ekor Burung Kacer Diseludupkan Berhasil Digagalkan TNI

Burung
Penyelundupan 350 ekor burung kacer yang dibawa dari Malaysia berhasil digagalkan Personel Satgas Pamtas Yonif Makanis 643/Wanara Sakti di Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat (Kalbar).

Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Mekanis 643/Wns Letkol (Inf) Hendro Wicaksono mengatakan, penyelundupan ratusan ekor satwa itu rencananya akan dijual ke Sanggau.

“Ke-350 ekor burung kacer yang merupakan satwa liar itu berhasil kami amankan saat melakukan pemeriksaan di Pos Daldul Kotis Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns,” kata Letkol Hendrodi.

BACA JUGA  Polresta Pontianak Tetapkan 8 Tersangka Terkait Perkelahian Berdarah

Dia mengatakan, pengungkapan ini berawal saat personel di Pos Jaga Dalduk Kotis Satgas Pamtas dipimpin Serda Toni melakukan pemeriksaan (sweeping) rutin terhadap mobil yang lewat di setiap jam ganjil.

Personel kemudian melihat ada mobil yang mencurigakan, setwlah dilakukan pemwriksaan didapati ratusan satwa liar yang dibawa tanpa dokumen resmi.

“Dari hasil pemeriksaan, personel kami menahan seorang pengendara mobil dengan inisial TN (46) yang membawa 350 ekor burung kacer,” jelasnya.

BACA JUGA  Korban Tenggelam Bersama Speedboat di Kapuas Hulu Sudah Ditemukan

Usai dilakukan pendataan, 350 ekor satwa itu kemudian diserahkan kepada Karantina Pertanian dan Hewan Entikong untuk diproses lebih lanjut.

Dari pengakuan TN, kata Dansatgas, ratusan satwa itu diterima dari seorang warga Malaysia di wilayah perbatasan, kemudian burung kacer itu dibawa masuk ke Indonesia melalui jalur tikus untuk dijual di daerah Sanggau. Kalbar.

“Kami sudah bertugas selama sembilan bulan di sini dan berkomitmen untuk menjaga perbatasan dari tindakan ilegal dalam bentuk apa pun, termasuk salah satunya penyelundupan satwa liar,” ujarnya.

[Red]

BACA JUGA  2 Maling Tabung Gas, Berhasil Dibekuk Polisi
Artikel sebelumyaPembusuran di Bulukumba Berhasil Diringkus Polisi
Artikel berikutnya2 Maling Tabung Gas, Berhasil Dibekuk Polisi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.