Beranda KALBAR Wakapolda Brigjen Pol Asep Pimpinan Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Wakapolda Brigjen Pol Asep Pimpinan Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Wakapolda
Wakapolda Kalbar Brigjen Pol Asep Safrudin, S.I.K., M.H, memimpin langsung Upacara Hari Kesaktian Pancasila, di Lapangan Jananuraga Mapolda, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Kota Pontianak, Sabtu 1 Oktober 2022, Pagi.
KALBAR | REDAKSISATU.ID – Wakapolda Kalbar Brigjen Pol Asep Safrudin, S.I.K., M.H, memimpin langsung Upacara Hari Kesaktian Pancasila, di Lapangan Jananuraga Mapolda, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Kota Pontianak, Sabtu 1 Oktober 2022, Pagi.

Upacara yang dipimpin oleh Wakapolda ini diikuti langsung oleh Pejabat Utama dan seluruh Personil Polda Kalbar.

Brigjen Pol Asep Safrudin menyampaikan, tujuan dilaksanakannya Upacara ini adalah untuk memperingati bagaimana Pancasila diperjuangkan oleh pendahulu dalam mencegahnya rongrongan dari dalam dan luar negeri yang dulu pernah dialami bangsa Indonesia.

BACA JUGA  GMKI Pontianak: Keberadaan Minyak Goreng Masih Langka, Pemerintah Lalai
Wakapolda
Wakapolda Kalbar Brigjen Pol Asep Safrudin, S.I.K., M.H, Pejabat Utama dan Peserta Upacara Personil Polda Kalbar Foto Bersama usai Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, di Lapangan Jananuraga Mapolda, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Kota Pontianak, Sabtu 1 Oktober 2022, Pagi.

“Peringatan Hari Kesaktian Pancasika merupakan sebuah momen bersejarah dalam perjalanan Bangsa Indonesia,” kata Wakapolda.

Dengan Peringatan tersebut, lanjut Asep Safrudin mengharapkan kepada penerus bangsa tetap mengingat sejarah dan tetap cinta Tanah Air untuk mewujudkan Indonesia yang kuat dan tangguh.

Sebagai informasi, Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Oktober merupakan hari Nasional yang diperingati setelah peristiwa bersejarah G30S PKI.

BACA JUGA  Sultan Ingatkan Pemerintah Waspadai Paparan Krisis Ekonomi dan Politik Sri Lanka

Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober ditetapkan dalam Surat Keputusan Menteri/Panglima Angkatan Darat tanggal 17 September 1966 (Kep 977/9/1966). Menurut surat tersebut, Hari Kesaktian Pancasila awalnya harus diperingati oleh TNI Angkatan Darat.

Kemudian, pada tanggal 24 September 1966, Menteri/Panglima Angkatan Kepolisian mengusulkan agar Hari Kesaktian Pancasila diperingati oleh seluruh jajaran Angkatan Bersenjata.

Selanjutnya, Keputusan Nomor (Kep/B/134/1966) tanggal 29 September 1966, Jenderal Soeharto sebagai Menteri menerbitkan Keputusan Menteri Utama Bidang Pertahanan dan Keamanan yang berisi bahwa Hari Kesaktian Pancasila diperingati oleh seluruh slag orde Angkatan Bersenjata. Dengan demikian, upacara peringatan 1 Oktober diperingati oleh seluruh komponen pemerintahan.

Adrian318

BACA JUGA  Pertanian Thailand The Kitchen Of The World Jadi Soroton Ketua DPD RI
Artikulli paraprakPeringatan Hari Kesaktian Pancasila 2022 di Bengkulu Selatan
Artikulli tjetërLebih Peduli Istri Pertama Anggota DPR RI Digugat Cerai

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.