Beranda DAERAH Upacara HAB ke 76 di Kab.Solok, Sekda Jadi Inspektur Upacara

Upacara HAB ke 76 di Kab.Solok, Sekda Jadi Inspektur Upacara

Upacara HAB ke 76 di Kab.Solok, Sekda Jadi Inspektur Upacara
RedaksiSatu – Sekdakab Solok Medison menjadi inspektur upacara mewakili Bupati pada peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama ke 76 di Kantor Ke,menag Kab. Solok, Senin (3/1).

Medison membacakan sambutan Menteri Agama tentang Kementerian Agama telah hadir sebagai payung teduh bagi semua unsur umat beragama, memberikan pelayanan prima bagi masyarakat yang membutuhkan layanannya, dan menjaga Pancasila, konstitusi, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia untuk tetap  dalam jalurnya.

Hal tersebut dibuktikan dengan naiknya Indeks Kesalehan Umat Beragama dari 82,52 pada tahun 2020 menjadi 83,92 pada tahun 2021. Indeks Kerukunan Umat Beragama juga mengalami peningkatan yang semula tahun 2020 sebesar 67,46 menjadi sebesar 72,39 pada tahun 2021. Indeks Kepuasan Layanan KUA meningkat pula dari angka 77,28 pada tahun 2019 menjadi 78,90 pada tahun 2021.

Kementerian Agama juga telah menjalin hubungan yang baik dengan para tokoh dan pemuka agama, organisasi dan lembaga keagamaan, Forum Kerukunan Umat Beragama, serta unsur masyarakat lainnya. Hubungan baik tersebut diwujudkan dalam beragam pertemuan, baik di tingkat nasional maupun daerah, pendampingan, koordinasi,  konsultasi, dan fasilitasi. Dari perspektif tata kelola keuangan, Kementerian Agama juga mampu mempertahankan prestasinya.

Kementerian Agama kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan tahun 2020. Capaian ini menjadi prestasi yang diraih selama lima tahun  berturut-turut sejak tahun 2016.

Sebagai salah satu bentuk ucapan terima kasih, Kementerian Agama telah mengajukan kepada Bapak Presiden untuk memberikan penghargaan Satyalancana Karya Satya  kepada 9.310 Pegawai Negeri Sipil Kementerian Agama dari 79 Satuan Kerja yang dinilai  telah mengabdi tanpa cacat sebagai abdi negara. Alhamdulillah, Bapak Presiden telah mengabulkan permohonan tersebut dan pada Hari Amal Bakti ke-76 ini, atas nama Bapak Presiden, diberikan Penghargaan Satyalancana Karya Satya 30 tahun kepada 509 orang, 20 tahun kepada 2.802 orang, dan 10 tahun kepada 5.999 orang Pegawai Negeri Sipil Kementerian Agama.

BACA JUGA  Liga 3 PSSI Tandai Kebangkitan Sepak Bola KSB

Di usia yang ke-76 ini, Kementerian Agama harus terus berbenah. Prestasi yang telah diraih harus dipertahankan. Dan secara bersamaan, perlu terus berinovasi untuk  mewujudkan Kementerian Agama yang lebih baik.

Untuk itu, jadikan agama sebagai inspirasi. Jadikan agama sebagai penggerak yang dapat meningkatkan daya kreativitas. Selain itu, jadikan pula Lima Nilai Budaya Kerja  Kementerian Agama, yaitu Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tanggung Jawab, dan Keteladanan, menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam pelaksanaan tugas dan fungsi saudara sekalian selaku Pegawai Aparatur Sipil Negara Kementerian Agama.

Menteri Agama percaya apabila berpegang teguh pada itu semua, Pegawai Aparatur Sipil Negara Kementerian Agama akan tampil sebagai sosok abdi negara yang luar biasa. Apa yang kemudian menjadi tagline Peringatan Hari Amal Bakti ke-76 Kementerian Agama, yaitu Transformasi Layanan Umat akan dengan cepat dan mudah dilakukan. Transformasi yang dimaksud meliputi perubahan sikap dan perilaku yang lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat serta peningkatan sarana dan prasarana atau infrastruktur yang mempercepat dan mempermudah kinerja Kementerian Agama dalam memberikan layanan kepada masyarakat.

Menutup pembacaan sambutan Menteri Agama ini, Sekda atas nama kepala daerah dan Forkopimda Kabupaten Solok mengucapkan selamat kepada keluarga besar Kementerian Agama atas Hari Amal Bhakti ke 76 ini.

Upacara HAB Kementerian Agama ke 76 tingkat Kabupaten Solok ini juga dihadiri oleh Ketua Pengadilan Agama Koto Baru, Rina Eka Fatma. S.HI.MH, Kapolres Solok yang diwakili oleh Kapolsek Kubung Iptu Pajri, Dandim 0309 Solok yang diwakili Kasdim Kasdim  Mayor Inf Hendra Bagus Arioko, Ketua MUI, Ketua BAZNAS dan undangan lainnya. Fendi

Artikel sebelumyaKasus Pemerkosaan Santri Ponpes Segera Didalami Polisi
Artikel berikutnyaIrwasda Agresif Periksa 3 Penyidik Akibat Kaburnya Tersangka Pencabulan

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.