Iklan
BerandaPOLITIKSeminar Kepemimpinan, Bupati Sambas: Mahasiswa UNTAN Jadilah Pelopor Kecerdasan

Seminar Kepemimpinan, Bupati Sambas: Mahasiswa UNTAN Jadilah Pelopor Kecerdasan

KALBAR | REDAKSISATU.ID – Mahasiswa Universitas Tanjung Pura (Untan) Pontianak melakukan Seminar Pelatihan Kepemimpinan. Kolaborasi ini diselenggarakan Himapol dan Komahi UNTAN, dengan Tema: The Role Of Future Leader, di Gedung Konferensi Teater II UNTAN, Sabtu 29 Oktober 2022. Bupati Sambas mengharapkan Mahasiswa menjadi pemuda pelopor yang dapat mencerdaskan masyarakat dalam berpolitik.

Seminar Pelatihan Kepemimpinan The Role Future Leader yang dilaksanakan Mahasiswa UNTAN ini dihadiri langsung oleh Dekan Fisip UNTAN Drs. Herlan, S.Sos.,M.Si, Bupati Kubu Raya, H. Muda Mahendrawan, SH.,M.Kn, Asisten III Bupati Sambas, Drs. Alkap, M.Si, Ketua umum Korps Mahasiswa Hubungan Internasional (Ketum Komahi UNTAN), Bennedictus Hasiholan Tamba, Himpunan Mahasiswa Ilmu Politik (Ketum Himapol UNTAN), Jakaria Jandul, Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Anggota (Kabid PSDA Himapol UNTAN), Rocky Indramawan.

Kolaborasi ini untuk menggemakan semangat Sumpah Pemuda sebagai pondasi awal menuju Kemerdekaan, berangkat dari perjuangan itu Sumpah Pemuda banyak melahirkan pemimpin berpengaruh di Indonesia.

BACA JUGA  Jenazah Iqbal Plt Ketua DPD Partai Golkar Kubu Raya Ditemukan

Mahasiswa
Dekan Fisip UNTAN Drs. Herlan, S.Sos.,M.Si, Bupati Kubu Raya, H. Muda Mahendrawan, SH.,M.Kn, Asisten III Bupati Sambas, Drs. Alkap, M.Si, Ketua umum Korps Mahasiswa Hubungan Internasional (Ketum Komahi UNTAN), Bennedictus Hasiholan Tamba, Himpunan Mahasiswa Ilmu Politik (Ketum Himapol UNTAN), Jakaria Jandul, Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Anggota (Kabid PSDA Himapol UNTAN), Rocky Indramawan.

Dalam kesempatan ini, Asisten III Bupati Sambas, Drs. Alkap, M.Si menegaskan, melalui seminar ini diharapkan nilai-nilai, transformasi, moral, figur dari pemimpin tersebut dapat menjadi panutan.

“Kepada Mahasiswa yang sedang menuntut ilmu di UNTAN, jadilah pemuda pelopor yang dapat mencerdaskan Masyarakat dalam berpolitik, sehingga dalam menjadi Mahasiswa yang menjadi panutan dikalangan Pemuda,” ujar Alkap.

Dengan adanya seminar ini, kata Asisten III Bupati Sambas, Pemerintah Kabupaten Sambas berharap kerja sama antar perguruan tinggi terjalin dengan baik.

BACA JUGA  Selingkuhi Istri Warga, Oknum Wali Nagari Bejat Dituntut Mundur

“Hasil dari seminar ini dapat menjadi embrio lahirnya Demokrasi yang unggul di Kalimantan Barat secara khusus,” tuturnya.

Dari kegiatan ini, Ketum Komahi UNTAN, Bennedictus Hasiholan Tamba mengharapkan dapat membentuk jiwa Kepemimpinan merupakan salah satu Element yang harus dimiliki semua orang, jiwa kepemimpinan tidak serta merta ada di dalam diri kita pada saat kita hadir di dunia ini.

“Jiwa Kepemimpinan juga tidak dapat diturunkan melalui gen, akan tetapi jiwa kepemimpinan dapat kita peroleh melalui proses,” ungkapnya.

BACA JUGA  Indonesia Bukan Chernobyl, WALHI Kalbar Tolak Pendirian PLTN

Yang pastinya, lanjut Bennedictus menyampaikan, bahwa untuk memperoleh jiwa Kepemimpinan memakan cukup banyak waktu.

“Maka dari itu, harapannya dengan adanya kegiatan ini semoga kedepannya banyak pemimpin-pemimpin baru yang dapat terus memberikan kontribusinya, yang dapat terus berkarya dengan caranya tersendiri,” ujar Ketum Komahi UNTAN.

Ia menilai, kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat baik, terutama kegiatan ini dilaksanakan dengan berkolaborasi.

BACA JUGA  1.578 Sertifikat Tanah Diserahkan Pemkab Kapuas Hulu kepada Warga

“Kolaborasi antara dua himpunan mahasiswa yang terdapat di fisip untan, ini merupakan awalan yang baik, sehingga komunikasi yang telah terjalin dapat maksimal,” tuturnya.

Sementara itu, Kabid PSDA Himapol UNTAN, Rocky Indramawan, berharap dalam pelaksanaan seminar kepemimpinan dapat membentuk Mahasiswa yang mengikuti kegiatan tersebut berhasil mendapatkan sedikit banyak jiwa kepemimpinan.

“hal ini bertujuan untuk menjadi modal awal bagi peserta mendapatkan kepercayaan diri bahwa setiap orang memiliki basic skill memimpin suatu kelompok atau organisasi,” katanya.

Rocky menekankan, para peserta dalam kegiatan tidak hanya menjadi follower, tetapi juga menjadi enterpreneur.

“Sehingga hasil buah pikir yang didapat bisa di ekspresikan dalam aksi nyata, karena memimpin harus menjadi penggerak awal dalam mewujudkan impian,” pungkasnya.

Editor: Adrianus Susanto318

BACA JUGA  Pomal Lantamal XII Pontianak Gelar Pembuatan SIM Umum secara Kolektif

Trending

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.