satgas saber pungli
JAKARTA|Redaksi Satu.id- Satgas Saber Pungli melakukan sidak ke beberapa tempat pelayanan publik seperti Kanwil Badan Pertanahan Nasional Provinsi DKI Jakarta, Mal Pelayanan Publik Kuningan, Terminal Peti Kemas JICT dan Terminal Pulo Gebang, Senin (22/11) Pagi.

Kegiatan Satgas Saber Pungli merupakan tindak lanjut keseriusan Komitmen Bersama dalam rangka pencanangan Kota Bersih Pungli yang telah dilakukan oleh 5 Instansi Negara di Balai Kota,Senin (16/11) lalu.

Dalam perjalanan sidaknya, Irjen Pol. Dr. Agung Makbul selaku sekretaris Satgas Saber Pungli menyampaikan kepada para Pejabat Kantor Pelayanan Publik bahwa Penegakan DKI Jakarta sebagai Kota Bebas Pungli menjadi serius ketika penandatanganan telah dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Bawedan bersama Mahfud M.D.,pekan lalu di Balai Kota ruang pola dan bukan teori melainkan aplikasi dengan mengecek langsung.

”Seperti sekarang ini di MPP (Mal Pelayanan Publik) Satgas Saber Pugli kemudian ke KSOP (Kantor Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan) dan bukan hari ini saja nanti tanpa pemberitahuan bisa saja sidak karena kantor instansi Jakarta banyak, yang semuanya berkaitan dengan pelayanan masyarakat dan hal ini mesti didukung dengan mengecek langsung bila tidak dapat menjadi simbol belaka,”ucap Irjen Pol A.Makbul kepada awak media di Mal Pelayanan Publik bilangan Kuningan,Senin (22/11) siang.

Satgas Saber Pungli tak hanya puas disini saja namun saya akan mengecek yang lain dan bisa saja saya melalui anggota saya atau satgas saber pungli menyamar pura-pura menjadi masyarakat karena sudah banyak OTT yang kita (Satgas Saber Pungli) tangkap ini berjumlah ribuan,”tandasnya.

Namun di sisi lain Satgas Saber Pungli tetap lebih banyak melakukan pencegahan dengan sosialisasi seperti ini dan administratif dan kasus temuan sampai dengan ribuan dan sosialisasi seperti sudah sampai 2,5 juta kali.

BACA JUGA  Satgas Karhutla Padamkan Kebakaran Lahan di Kubu Raya

“Kalau dari satgas pungli ini sosialisasi ini sebagai pencegahan dibandingkan menyustisi dan kami lebih banyak melakukan pencegahan dan sampai saat ini satgas saber pungli sudah mencapai 2,5 juta kali sosialisasi terakhir i kanwil BPN DKI Jakarta,”papar Irjen Pol. Agung Makbul.

Menanggapi sidak, Sekda DKI  Jakarta Marullah Matali mengatakan,” Jakarta etalasenya berbeda dengan kota lain, apa saja yang terjadi di Jakarta menjadi viral kemana-mana dan kami tersanjung atas kedatangan satgas saber pungli setelah kemarin kita bertemu dalam pencanangan DKI Jakarta Kota Bersih Pungli oleh Mahfud M.D dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang menunjukkan sebuah keseriusan.

Marullah pun menghimbau kepada jajaran di pelayanan publik,”Jangan lagi pelayanan itu dilaksanakan dengan tendensi-tendensi tertentu. Namun tendensi tertentu sudah dipenuhi oleh pemerintah dengan memberikan tunjangan-tunjangan yang memadai itu dimaksudkan memberikan dedikasi yang tinggi kepada masyarakat yang ingin dilayani dengan maksimal,”tutupnya. (ardhi)

Artikel sebelumyaPenyaluran Bantuan Sembako E-Warung Tersandera
Artikel berikutnyaRatusan Juta Raib, Pengusaha Asal Ujung Pandang Lapor Polisi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.