Iklan
Iklan
BerandaNASIONALPolda Kalbar Laksanakan Simulasi Pengamanan Pemilu 2024 

Polda Kalbar Laksanakan Simulasi Pengamanan Pemilu 2024 

REDAKSISATU.ID – Polda Kalbar melakukan simulasi pengamanan pemilu 2024 dengan sistem pengamanan Kota. Latihan yang dilakukan secara senatural ini, bertujuan agar para Personel yang terlibat Operasi Mantap Brata Kapuas 2023 mendapatkan gambaran situasi dan persiapan dalam menghadapi kemungkinan yang terjadi di tengah tahapan Pemilu berlangsung.

Kegiatan simulasi pengamanan pemilu 2024 ini pun disaksikan langsung oleh Kapolda Kalbar Irjen Pol Pipit Rismanto, S.IK.,M.H, bersama Penjabat (Pj) Gubernur Kalbar dr. Harisson Azroi, M.,Kes dan Pangdam XII Tanjungpura Mayjen TNI Iwan Setiawan, S.E.,M.M di ruang Posko Presisi Lounge Polda Kalbar pada Rabu 18 Oktober 2023.

Kapolda Kalbar Irjen Pol Pipit Rismanto, S.IK., M.H. menjelaskan bahwa latihan Simulasi Sispam Kota ini dilaksanakan pada 10 tempat yang berbeda, namun bisa terpantau secara langsung di ruang Posko Presisi Lounge Polda Kalbar yang diasumsikan sebagai Pusat Komando (Command Center) dan langsung bisa berinteraksi dengan Personel yang ada di lapangan.

BACA JUGA  2 Pria Ditangkap Polda Kalbar Terkait 8 Kg Sabu dan 4.370 Butir Ekstasi

Pengamanan
Kapolda Kalbar Irjen Pol Pipit Rismanto, S.IK.,M.H, bersama Penjabat (Pj) Gubernur Kalbar dr. Harisson Azroi, M.,Kes dan Pangdam XII Tanjungpura Mayjen TNI Iwan Setiawan, S.E.,M.M di ruang Posko Presisi Lounge Polda Kalbar pada Rabu 18 Oktober 2023.

“Kegiatan Latihan Simulasi Sistem Pengamanan Kota ini kita laksanakan senatural mungkin sehingga personel yang terlibat Operasi Mantap Brata yang akan melaksanakan pengamanan Pemilu 2024, mendapatkan gambaran situasi yang sebenarnya saat terlaksananya proses tahapan pemilu 2024 nanti, sehingga mereka sudah siap dan tidak bingung menghadapi permasalahan- permasalahan di lapangan,” kata Kapolda.

Lebih lanjut, mantan Dirtipidter Bareskrim Polri ini juga menjelaskan bahwa dalam simulasi Sispam Kota ini, skenario digambarkan dari situasi yang landai atau situasi hijau, yang selanjutnya berangsur-angsur meningkat hingga situasi yang anarkis atau situasi merah sehingga memerlukan kehadiran Pasukan PHH Brimob yang merupakan Pengendali Huru Hara anarkis.

“Memang kita gambarkan sedemikian rupa dari situasi yang landai-landai saja dengan kegiatan preemtif, yaitu himbauan dari Bhabinkamtibmas dan kegiatan preventif melalui kegiatan Patroli bersama TNI dan Satpol PP, kemudian berangsur-angsur ditingkatkan sesuai dengan prediksi ancaman yang memungkinkan bisa terjadi serta tata cara antisipasinya,” jelas Irjen Pol Pipit Rismanto.

BACA JUGA  Polda Kalbar Gelar Operasi Bina Karuna Kapuas 2023

Pengamanan
Simulasi Pengamanan Pemilu 2024, di Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Rabu 18 Oktober 2023.

Nampak terlihat di lapangan keseriusan Personel Polri bersama TNI, Satpol PP,  Linmas,  petugas TPS dan pihak-pihak yang mendukung latihan Sispam Kota melaksanakan Simulasi ini sehingga menjadi sarana tontonan juga bagi masyarakat sekitar tempat dilaksanakannya latihan.

Dalam kesempatan ini, Kapolda Kalimantan Barat Irjen Pol Pipit Rismanto pun menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan dan partisipasi dari pihak Forkopimda Provinsi Kalimantan Barat Kalimantan dan unsur-unsur terkait lainnya.

“Saya selaku Kapolda Kalbar yang bertanggung jawab atas kegiatan ini, mengucapkan banyak terima kasih atas dukungan dari pj Gubernur, Pangdam XII Tanjungpura, Unsur Forkopimda, Walikota Pontianak dan Bupati Kubu Raya, KPU/Bawaslu Provinsi/Kota/Kabupaten, serta seluruh masyarakat Kota Pontianak dan Kubu Raya yang telah mendukung kegiatan ini dan mohon maaf apabila dalam pelaksanaanya masyarakat agak terganggu perjalanannya karena adanya pengalihan arus lalu lintas,” pungkas Pipit Rismanto.

Editor: Adrianus Susanto318

BACA JUGA  Olah TKP Kebakaran Gudang Ilegal BBM Subsidi di Kapuas Hulu Direkayasa?

Trending

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.