Iklan
BerandaDAERAHPoktan Manfaatkan Dana Silpa Tahun 2019 Untuk Bangun JUT

Poktan Manfaatkan Dana Silpa Tahun 2019 Untuk Bangun JUT

Lampung | redaksisatu.id – Poktan Darma Wijaya, akhirnya dapat menfaatkan dana silpa tahun 2019, untuk membangun Jalan Usaha Tani (JUT), jalan yang menuju ke area pesawahan di Desa Bali Agung, Kecamatan Palas, Kabupaten Lampung Selatan.17/12 /2021.

Upaya keras Poktan Darama Wijaya, akhirnya dapat membuahkan hasil. Jalan Usaha Tani (JUT) yang terbengkalai lebih dari 15 tahun luput dari perhatian pemerintah selama ini, ahirnya dipenghujung tahun 2021 ini mendapatkan kucuran dana sisa anggaran atau silpa dari dinas pertanian.

Ketut Purne sebagai Ketua Poktan Darma Wijaya didampingi Dewa Aji Tastrawan sebagai pasilitator pekejaan, memberikan keterangan pers kepada awak media redaksisatu.id di lokasi pekerjaan, di Poktan Desa Bali Agung Kecamatan Palas pada hari Kamis 16/12/2021.

poktan
Foto : Sebagian Jalan Usaha Tani yang dikerjakan mulai dari hujung area sawah di Desa Bali Agung Kecamatan Palas  Lampung Selatan

Ketut Purne mangatakan, dana silpa  yang dipakai untuk membangun jalan ini sifatnya hanya pengerasan atau onderlagh. Jalan ini merupakan akses vital warga yang digunakan petani untuk mobilitas jalur kendaraan bajak dan membawa bibit, pupuk serta hasil panen dari sawah kerumah.

Masih menurut Ketut Purne, Poktannya mengerjakan sendiri pengerasan jalan tersebut dengan melibatkan langsung anggota kelompok tani dan masyarakat setempat secara swakelola.

Jalan yang dibangun sepanjang 1.250 M dengan lebar 2,5 M menghabiskan dana sebesar Rp.207.184.114. Sedangkan lama pengerjaannya 67 hari kalendar. Pengerjaan jalan ini sudah dimulai sejak 09/12/2021.

Pada papan nama kegiatan pengerjaannya tertera secara detail seperti, Nomor Kontrak : 1401/SP3/SWK-Silpa DAK/IV.22/2021.  Sumber dananya dari DAK Silpa tahun 2019.TA 2021, Lokasi SPS 6 Tanjung Tirta.

poktan
Foto : Ketut Purne Ketua Poktan Darma Jaya, Habib Muklis Pembina Ormas FORLAS dan Dewa Aji Tastrawan Pasilitator.

Ditempat yang sama hadir juga Habib Muklis, salah seorang Pembina Ormas Forum Rayat Lampung Selatan (FORLAS), yang sedang melakukan kunjungan ke kelompok tersebut. Dalam kesempatan itu pihaknya meminta kepada pengurus Kelompok Tani (Poktan) Darma Wijaya untuk melaksanakan pekerjaan itu sesuai dengan peraturan yang ada.(RS/Sai)

BACA JUGA  Seleksi SIPSS Diikuti 60 Orang Dengan Prinsip BETAH

Trending

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.