Iklan
Iklan
BerandaNASIONALKapolres Landak Pantau Penyortiran dan Lipat Surat Suara Pemilu 2024 di KPU

Kapolres Landak Pantau Penyortiran dan Lipat Surat Suara Pemilu 2024 di KPU

REDAKSISATU.ID – Kapolres Landak Polda Kalimantan Barat AKBP I Nyoman Budi Artawan, S.H.,S.IK.,M.M, melakukan pemantauan penyortiran dan pelipatan surat suara Pemilu 2024 di Gudang Logistik Pemilu KPU Kabupaten Landak, Kalimantan Barat, Kamis 4 Januari 2024.

Kapolres Landak AKBP I Nyoman Budi Artawan.,S.H.,S.IK.,M.M, menyatakan bahwa proses penyortiran dan lipatan surat suara dimulai pada tanggal 4 Januari  2024 dan ditargetkan selesai hingga 9 Januari 2024.

Petugas yang terlibat dalam tugas ini telah diberikan pembekalan teknik sortir dan melipat surat suara yang disampaikan langsung oleh Ketua KPU, Sekretaris serta Kasubag Keuangan Umum dan Logistik dan semasa Penyortiran,Lipat surat suara tersebut dijaga oleh personil Polres landak yang piket Gudang Kpu dengan ditambah lagi empat ( 4 ) Personel Polres landak setiap harinya.

BACA JUGA  Polda Kalbar dan Pemprov Gelar Festival Pesona Temajuk
Kapolres
Proses penyortiran dan pelipatan surat suara Pemilu 2024 di Gudang Logistik Pemilu KPU Kabupaten Landak, Kalimantan Barat, Kamis 4 Januari 2024.

“Ada 160 petugas yang bertugas untuk menyortir dan melipat surat suara. Mereka terlebih dahulu diberikan pembekalan teknik sortir dan melipat surat suara,” kata Kapolres AKBP I Nyoman.

Dia menjelaskan bahwa petugas sortir dan pelipatan surat suara sebanyak 160 orang dibagi dalam 16 kelompok dan terdiri atas 10 orang per kelompok.

“Untuk hari ini, ada satu  jenis surat suara yang disortir dan dilipat, yaitu surat suara Pemilu Anggota DPRD Kabupaten,” terangnya.

BACA JUGA  Warga Giri Maju Disuntik Vaksin Covid-19

Kapolres Landak menyebutkan surat suara DPR RI sebanyak 293.069 lembar suara, DPRD provinsi sebanyak 293.069 lembar suara, dan surat suara DPRD kabupaten untuk Daerah Pemilihan (Dapil) 1 sebanyak 76.617 lembar suara, Dapil 2 sebanyak 87.048 lembar suara, Dapil 3 sebanyak 58.047 lembar suara, Dapil 4 sebanyak 40.674 lembar suara dan Dapil 5 sebanyak 30.683 lembar suara.

Dijelaskan pula bahwa masing-masing kotak suara DPRD Kabupaten, DPRD Provinsi, DPR RI, berisikan 500 lembar suara.

“Dari penyortiran dan pelipatan itu, akan diketahui apakah ada suara suara yang rusak atau tidak lengkap,” kata Kapolres.

BACA JUGA  Penjelasan Kapolda Kalbar terkait Bentrokan di PT Duta Palma Group

Selama penyortiran dan pelipatan, pihaknya juga melibatkan sejumlah pihak terkait dalam melakukan pengawasan untuk mencegah dan mengantisipasi sesuatu yang tidak diinginkan sehingga penyortiran dan pelipatan dapat berjalan aman, lancar, dan sesuai dengan ketentuan.

Pada saat ini, kata dia, masih ada logistik yang belum tiba di Gudang Logistik KPU Kabupaten Landak, yaitu surat suara Pilpres 2024 serta surat suara Pemilu Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI.

“Untuk surat suara masih ada dua jenis surat suara yang masih dalam distribusi ke Kabupaten Landak beserta dengan sampul serta Formulir C Hasil ukuran A4 mudah-mudahan dalam waktu dekat ini sudah kami terima Pihak KPU Kabupaten Landak,” pungkasnya.

Editor: Adrianus Susanto318

BACA JUGA  Bawaslu Kalbar Persiapkan Diri bila Sengketa Pileg 2024 berlanjut ke MK

 

Trending

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.